Buka kaca mobil agar racun hilang, Apakah Benar?

Buka kaca mobil agar racun hilang, Apakah Benar?. Dalam pesan Singkat yang berisi Himbauan agar pengemudi mobil Khususnya agar membuka semua kaca mobil. Lalu agar menghidupkan pendingin udara (AC) sebelum mulai berkendara untuk menghilangkan racun benzene di dalam mobil. Pesan tersebut masih terus beredar hingga saat ini melalui beragam aplikasi media sosial maupun pesan.

Baca Juga :  Harga Mitsubishi Surabaya 2019 Terbaru [Update]

KLAIMNYA : Pengguna mobil yang tidak membuka jendela terlebih dahulu saat akan berkendara. Akan menghirup racun benzene yang dapat memicu kanker dalam tubuh.

Buka kaca mobil agar racun hilang, Apakah Benar?

Berikut isi pesan berantai tersebut:
“Mau naik mobil? O.K. boleh, buka semua kaca, lalu nyalakan AC selama beberapa menit, baru kemudikan kendaraan tersebut dapat ditutup kaca-kaca nya kembali. Tidak heran, semakin banyak orang meninggal karena kanker.
Kita bertanya-tanya dari mana saja penyebabnya?”

“Menurut sebuah penelitian, dashboard mobil,sofa, pengharum mobil bisa menghasilkan Benzene , racun penyebab kanker (karsinogen).Tingkat Benzene di dalam ruangan yang bisa ditoleransi sebesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400-800 mg Benzene.”

“Jika parkir di luar ruangan dibawah sinar matahari pada 15 derajat ke atas, tingkat Benzene naik hingga 2000-4000 mg, 40X dari tingkat Benzene yang bisa ditoleransi.Orang-orang yang sewaktu masuk ke dalam mobil, tidak membuka jendela sama sekali, berakibat akan menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh anda.”

FAKTANYA: Itu Salah/Misinformasi

Buka kaca mobil agar racun hilang, Apakah Benar?

Manajer Public Relation dari Sebuah Perusahaan Mobil, menyatakan bahwa pesan berantai yang ada di pesan atau media sosial ini. Yang mengatasnamakan salah satu jaringan dealer Mobil itu merupakan berita tidak benar, alias hoaks.

“Broadcast message sudah dari beberapa tahun yang lalu beredar di media sosial, dan kami sudah menjelaskan bahwa itu hoaks,” kata Manajer Public Relation dari Sebuah Perusahaan Mobil Tersebut.

Selain itu, ada sebuah studi di Jerman yang diterbitkan pada tahun 2007. secara khusus meneliti hal ini. hasilnya tidak ditemukan bahaya untuk kesehatan manusia/pengendara pada udara dari dalam mobil yang sedang diparkir cukup lama.

 

REFERENSI:

Narasi Anti Hoax – Buka kaca mobil agar racun hilang, benar atau tidak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *